Minggu, 30 Juni 2019

ANALISA KASUS KECELAKAAN KERJA JATUH PADA PENAMPUNGAN LIMBAH DI PT. ASTRA DAIHATSU MOTOR

ANALISA KASUS KECELAKAAN KERJA JATUH PADA PENAMPUNGAN LIMBAH DI PT. ASTRA DAIHATSU MOTOR





                                       Nama Anggota/NPM ⠆Rizman Triantoro / 36416625
                                       Kelas                          ⠆3ID11
                                       Dosen                         ⠆Bpk. Adi Pramudyo  
                                       Mata Kuliah               ⠆Pengetahuan Lingkungan


Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino
TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Kaka Raka Nurohman (24) meninggal pada Sabtu (21/7/2018) pagi. Pria malang itu meninggal setelah mengalami kecelakaan kerja di perusahaan otomotif  di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Karyawan Perusahaan Otomotif Tewas Tenggelam di Kolam Penampungan Limbah
Ia ditemukan tewas tercebur ke dalam kolam penampungan limbah tempatnya bekerja. Kaka masih sempat bekerja mengecek kolam penampungan limbah secara rutin. "Saat jam istirahat pukul 23.55 WIB korban tidak kelihatan. Lalu saksi menghubungi nomor handphone korban dan tidak diangkat,” ungkap Kapolsek Tanjung Priok, Kompol Supriyanto, berdasarkan keterangan saksi, Dede (40). Dede yang curiga langsung mendatangi kolam dan mengecek keberadaan Kaka. Dede mendapati tempat penampungan air bersih yang ada di sana pecah terbelah. Ia juga melihat sepatu korban tergeletak tak jauh dari kolam. “Saksi melihat toren berkapasitas 11 ribu liter yang berada di samping kolam penampungan, dalam keadaan pecah terbelah. Saksi juga melihat sepatu milik korban yang mengambang dan kemudian melaporkan penemuan itu ke sekuriti,” kata Supriyanto. 
Selanjutnya, saksi melapor kepada pihak keamanan perusahaan untuk diteruskan ke Polsek Tanjung Priok. Dibantu petugas pemadam kebakaran, anggota Polsek Tanjung Priok mencari Kaka di dalam kolam dan medapatinya sudah tak bernyawa.
“Secara bersama-sama anggota mencari korban dengan alat pengait besi yang dibantu petugas damkar untuk mengurangi debit air limbah. Korban akhirnya berhasil ditemukan namun dalam keadaan meninggal dunia,” terang Supriyanto.Polisi menduga Kaka terpeleset saat mengecek kolam sampai masuk ke dalam kolam penampungan limbah itu. "Korban diduga terpeleset dan masuk ke dalam kolam penampungan limbah,” jelas Kapolsek. Setelah diangkat dari kolam, jenazah Kaka dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati untuk divisum.

ANALISA

    Terdapat dua faktor penting penyebab terjadi nya kecelakaan kerja tersebut, yaitu karena human error atau pengamanan yang belum sesuai standar. Faktor pertama menjelaskan tentang faktor human error, yaitu faktor yang terjadi akibat kelalaian atau kecerobohan manusia saat melakukan pekerjaan. kelelahan juga bisa menjadi akibat terjadinya faktor tersebut. saat kondisi terjadinya kecelekaan, karyawan menjalankan tugasnya yang sedang mengecek kolam pembuangan limbah, namun naas korban terpleset lalu jatuh tercebur kedalam kolam. penjabaran kata "terpleset" juga bisa dikaitkan dengan kedua faktor ini. dari segi faktor human error, korban tidak memperhatikan sekitar kolam yang kemungkinan licin, atau bisa juga korban kelelahan dan mengantuk.
   Faktor kedua adalah penjabaran dari pengamanan yang belum sesuai dengan standar. K3 pada setiap perusahaan sudah pasti dilakukan dan dibuat sebaik mungkin dan wajib memenuhi standar aturan undang undang, Terlebih perusahaan sebesar ASTRA saya percaya bahwa K3 nya sudah terjamin, namun menurut saya ada sedikit kejanggalan terhadap pagar sisi kolam yang kurang tinggi sehingga manusia bisa dengan mudah melompati pagar tersebut, dan tidak dipasangkan jaring pengaman diatas kolam.
      kesimpulan dari analisa yang saya buat adalah saya meyakini penyebab terjadinya kecelakaan kerja tersebut adalah faktor human error, karena seharusnya tempat atau bagian kerja yang memungkinkan terjadinya kecelakaan kerja seharusnya pekerja bisa lebih mawas diri lagi dan menjadi kewajiban setiap perusahaan untuk memperhatikan lebih detail lagi faktor-faktor yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja. semoga amal ibadah almarhum diterima di sisi Allah SWT, Aamiin.


SUMBER 

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Karyawan Perusahaan Otomotif Tewas Tenggelam di Kolam Penampungan Limbah, https://jakarta.tribunnews.com/2018/07/21/karyawan-astra-tanjung-priok-tewas-tenggelam-di-ktolam-penampungan-limbah.
Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Y Gustaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBIAYAAN USAHA BARU

Untuk melakukan usaha dalam pengembangannyan tentu kita memerlukan suatu pembiayaan yang begitu banyak sehingga harus melakukan suatu usaha...