Jumat, 12 Oktober 2018

METODE PENELITIAN


Perusahaan-perusahaan diberbagai Negara telah memasuki era industry 4.0, dimana kegiatan yang berkaitan dengan industry sudah berkembang melalui perkembangan teknologi canggih dan mutakhir. Industri AI ( Artificial Intelligent ) dengan mengadopsi kecerdasan manusia kepada teknologi-teknologi canggih seperti robot mesin, robot pelayan, atau robot yang lainnya sehingga pada masa mendatang teknologi tersebut dapat mengakusisi pekerjaan yang pada hakikatnya dilakukan oleh manusia. Teknologi-teknologi tersebut memiliki berbagai macam konsep dengan banyaknya metode-metode yang diterapkan. Metode tersebut sebelumnya telah diteliti oleh berbagai professor atau orang yang ahli pada bidangnya untuk mendapatkan konsep terbaik di setiap teknologi yang akan dikembangkannya. Maka dari itu metode penelitian ini sangatlah penting pada dunia perusahaan dan perkembangan teknologi agar mendapatkan hasil yang terbaik.
Penelitian adalah sebuah pencarian kembali atau yang lebih jelasnya sebuah usaha untuk menemukan, mengembangkan, serta melakukan verifikasi pada kebenaran peristiwa atau pengetahuan melalui metode-metode ilmiah, Sedangkan metode adalah teknik yang digunakan pada penelitian seperti survey, wawancara, serat observasi. metode yang akan digunakan harus berhubungan erat dengan prosedur, serta alat desain penelitian yang akan digunakan. Metode penelitian itu sendiri adalah pemandu peneliti tentang urutan penelitian serta membicarakan bagaimana penelitian dilakukan secara berurut dengan alat dan  prosedur apa yang akan digunakan ( Nazir, 2005).
Penelitian memiliki lima fungsi, diantaranya :
1.      Mendeskripsikan, dapat memberikan data atau informasi
2.      Menerangkan data atau latar belakang terjadinya suatu peristiwa
3.      Mengestimasi, meramalkan, dan memproyeksi peristiwa yang mungkin akan terjadi berdasarkan data yang telah dikumpulkan
4.      Dapat mengendalikan peristiwa maupun gejala yang akan terjadi
5.      Menyusun teori
 Penelitian juga memiliki kegunaan lainnya yaitu untuk menyelidiki keadaan dan dijadikan alasan untuk konsekuensi terhadap keaadan khusus. Penelitian dibagi dua jenis yaitu penelitian dasar dan penelitian terapan.
Metode penelitian dapat dikelompokkan menjadi kelompok umum, yaitu :
1.      Metode historis
2.      Metode deskripsi dan survey
3.      Metode eksperimental
4.      Metode grounded research
5.      Metode penelitan tindakan
Penelitian dibedakan atas dua pendekatan, yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Metode penelitian kuantitatif adalah cara yang digunakan untuk menjawab berbagai masalah penelitian yang memiliki kaitan dengan data berupa angka dan  program statistik. Metode penelitian kualtitatif adalah suatu proses pendekatan untuk mengeksplorasi dan memahami gejala sentral. Penelitian kualtitatif sangat dipengaruhi oleh pandangan, pemikiran, dan pengetahuan peneliti karena peneliti yang menginterpretasikan data-data tersebut.
Penelitian kuantitatif menggunakan enam metode, yaitu :
1.    Metode Deskriptif  
     Suatu metode penelitian untuk menggambarkan fenomena yang ada, yang berlangsung sekarang atau pada masa lampau.
2.    Metode Survey
     Survei digunakan untuk mengumpulkan informasi berbentuk opini dari berbagai orang dengan topic atau isu-isu tertentu
3.    Metode Korelasional
     Korelasional ditujukan untuk mengetahui adanya hubungan diantara variable satu dengan variable lainnya.

4.    Metode Komparatif
     Metode ini memiliki kesamaan dengan deskriptif yaitu mencari jawaban mendasar tentang sebab akibat dengan menganalisis faktor peneyebab terjadinya fenomena-fenomena tertentu.
5.    Metode Eksperimental
     Penelitian ini adalah yang paling murni kuantitatif, Karena semua prinsip dan kaidah penelitian kuantitatif dapat diterapkan dengan baik pada metode ini.
6.    Metode Ekspost Facto
     Metode ini meneliti hubungan-hubungan sebab-akibat yang tidak dimanipulasi atau diberi rancangan atau terlaksanakan oleh peneliti.

Penelitian kualitatif menggunakan dua metode, yaitu :
1.    Kualitatif interaktif
     Merupakan ilmu yang mendalam menggunakan teknik pengumpulan data langsung dari orang dalam lingkungan alamiah nya dan menginterpretasikan fenomena bagaiman orang mencari makna yang terkandung serta membuat suatu gambaran dan menyeluruh dengan deskripsi detail dari informan. Metode kualitatif interaktif, yaitu :
a.    Metode Etnografik
b.    Metode Fenomenologis
c.    Studi Kasus
d.   Teori Dasar (Grounded Theory)
e.    Studi Kritikal

2.    Kualitatif non Interaktif
     Disebut Penelitian analitis, mengadakan pengkajian berdasarkan analisis dokumen. Peneliti menghimpun, mengidentifikasi, menganalisis dan mengadakan sintesis data, kemudian memeberikan interpretasi terhadap konsep, kebijakan, peristiwa    secara langsung atau tidak langsung dapat diamati. Penelitian analitis memiliki tiga macam jenis penelitian, yaitu :
a.    Analisis Konsep, kajian atau analisis terhadap bagian konsep penting yang diinterpretasikan secara beragam.
b.    Analisis Historis, Menganalisis data kegiatan, kebijakan, serta program yang telah dilakukan pada masa lalu.
c.    Analisis Kebijakan, Menganalisis berbagai macam dokumen yang memiliki keterkaitan dengan kebijakan tertentu.

Sumber :

2. Yusuf, A. Muri. 2014. METODE PENELITIAN : KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN PENELITIAN GABUNGAN. Jakarta : Pernadamedia grup https://books.google.co.id/books?id=RnA-DwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=metode+penelitian&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjpk72ckYHeAhUMo48KHeQiCrgQ6AEILzAB#v=onepage&q=metode%20penelitian&f=false



5. Wahidmurni, 2017. PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Malang : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang http://repository.uin-malang.ac.id/1985/2/1985.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBIAYAAN USAHA BARU

Untuk melakukan usaha dalam pengembangannyan tentu kita memerlukan suatu pembiayaan yang begitu banyak sehingga harus melakukan suatu usaha...